KEGIATAN PENGAJARAN MATA KULIAH
ENGLISH FOR BUSINESS
English for Business untuk mahasiswa Manajemen Administrasi
semester 3 dengan bobot kredit 3 SKS. Diberikan tanggung jawab oleh lembaga
untuk mengajar 5 kelas : 4 kelas di kampus Margonda, 1 kelas di kampus
Fatmawati.
Mata kuliah ini menuntut kegiatan
kelas utamanya praktik Bahasa Inggris yang berkaitan dengan bisnis khususnya bisnis
manajerial di kantor. Misalnya, bagaimana peran sebagai resepsionis,
pengarsipan, melakukan telpon baik dalam hal membuat undangan atau menolak
undangan, komplain dan menangani komplain, melakukan negosiasi, melakukan
simulasi rapat, presentasi produk dan promosi produk.
Kegiatan utama kelas memahami
model pada setiap pertemuan, memahami perbendaharaan kata, serta membuat dialog
terkait topik pembahasan, lalu mempresentasikannya di depan kelas. Kegiatan
tersebut umumnya dilaksanakan secara berkelompok. Umumnya tiap kelompok terdiri
dari 5 – 7 orang per kelompok tergantung jumlah mahasiswa pada kelas dimaksud.
Waktu yang dialokasikan untuk
tiap pertemuan adalah 145 menit. Perkuliahan biasanya diawali dengan
brainstorming tentang topik melalui general questions dan referential
questions. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan sekilas gambaran pengetahuan
mahasiswa. Dari sini pula terlihat bahwa beberapa mahasiswa memang sudah
mempelajari materi sebelum topik tersebut dibahas di kelas. Dibutuhkan waktu
sekitar 10 menit untuk hal tersebut. Waktu tersebut dianggap cukup karena
meskipun jumlah mahasiswa cukup banyak, tapi karena para mahasiswa sudah dibagi
dalam kelompok dan masing-masing sudah duduk per kelompok. Setelah itu, 10
menit kemudian, mahasiswa mempraktekkan model dialog yang ada, sambil memahami
kosa kata. Terjadi Q-A sekitar 5-10 menit sebelum mahasiswa diminta membuat
dialog sesuai topik dengan melihat poin model dialog sebelumnya. Untuk kegiatan ini, dialokasikan waktu
sekitar 25 menit. Terdapat sekitar 90 menit bagi mahasiswa untuk
mempresentasikan dialog umumnya dilaksanakan di depan kelas, dan mahasiswa
diberi kemudahan untuk melakukan penataan – setting sesuai peran dan situasi
dalam dialog.
Pada saat presentasi kelompok,
saya membuat beberapa catatan atas hal-hal yang perlu dipoles, baik dalam hal
intonasi / pengucapan, diksi kosa-kata / frase, bahkan saran untuk presentasi
lebih baik pada kesempatan berikutnya.
Ada saran-saran berupa input buat
mahasiswa secara keseluruhan.
Atas semua ini, sesuai harapan
para mahasiswa mampu mengikuti perkuliahan dengan baik. Tentu ada beberapa
mahasiswa yang jarang masuk dengan berbagai alasan, kepada mereka diberikan
penugasan khusus berupa penambahan tugas membuat dialog dan presentasi produk
secara perorangan.
Kesan setelah mengajar mata
kuliah ini, Sangat Menyenangkan karena mahasiswa menyukai model pembelajaran
yang diberikan. Ini terlihat dari hasil UTS dan UAS yang dilaksanakan secara
ORAL / Praktek yang pada umumnya hasil sangat baik.
Sukses selalu, buat para
mahasiswa jangan lupa aplikasikan ilmu yang telah dipelajari demi kebaikan
sesama.
Dokumentasi Kegiatan Kelompok
Kelas MA Margonda (Sebagian Kelas)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar